Fotografi Esensial: Merangkul Backlight

Sebagai seorang fotografer – atau seorang fotografer yang bercita-cita tinggi – Anda mungkin pernah mendengar ungkapan sebelumnya atau dua kali. Anda mungkin juga telah diajarkan bahwa asal kata fotografi adalah perpaduan dua turunan Yunani: foto yang berarti “cahaya” dan gambar makna untuk “menulis” atau “menggambar.” Kesimpulannya di sini adalah bahwa fotografi berarti menulis dengan cahaya.

Fotografi Esensial Merangkul Backlight
Fotografi Esensial Merangkul Backlight

George Eastman, pendiri Eastman Kodak Company, tahu sedikit tentang cahaya.

“Cahaya membuat fotografi. Rangkullah cahaya. Kagumi itu. Suka. Namun yang terpenting, ketahuilah cahaya. Ketahuilah untuk semua yang Anda layak, dan Anda akan tahu kunci fotografi. “

Ini memang kata-kata yang tinggi dan inspiratif yang kebetulan sebagian besar benar. Tapi dia juga suka mengatakan:

“Anda menekan tombol dan kami melakukan sisanya.”

Perlu dicatat bahwa Mr. Eastman paling dikenal sebagai pengusaha, bukan seorang fotografer.

Mungkin tampak jelas bagi sebagian besar dari Anda, tetapi cahaya yang Anda ambil dengan kamera Anda, bukan subjek di jendela bidik Anda. Ini sangat mendalam ketika Anda benar-benar memikirkannya. Subjek Anda selalu merupakan cahaya yang memantul dari tempat kejadian; nya arah , intensitas , dan warna . Tidak hanya cahaya yang merupakan sumber kehidupan foto, cahaya adalah segalanya .

Lampu latar

Saat Anda mengarahkan lensa ke arah sumber cahaya (untuk fotografer luar ruangan, ini biasanya berarti matahari) dengan subjek Anda antara Anda dan cahaya, Anda akan menghadapi situasi cahaya latar. Backlight menghasilkan efek pencahayaan dramatis pada subjek atau pemandangan Anda dan dapat mengambil subjek foto biasa dan meningkatkannya ke sesuatu yang benar-benar luar biasa. Cahaya latar dapat menciptakan cahaya tepi yang indah dengan rambut, bulu, atau bulu atau cahaya yang menyenangkan dengan bahan tembus cahaya lainnya seperti daun musim gugur. Dengan benda yang lebih padat, cahaya latar akan menghasilkan siluet, terutama jika pemandangan di bawah cahaya terang.

Tantangan dan Solusi Backlight

Meskipun menggunakan lampu latar dapat menghasilkan efek pencahayaan dramatis dan gambar yang menarik secara visual, namun juga dapat menghadirkan beberapa tantangan yang perlu Anda atasi. Berikut ini beberapa.

  • Mengunci masalah dalam fokus otomatis. Saat memotret ke matahari, salah satu masalah pertama yang dihadapi pemula adalah autofokus yang tidak mengunci subjek. Sistem fokus otomatis menggunakan Deteksi Fase Kontras memiliki kesulitan ini. Ini sangat umum dan sesuatu yang selalu saya harapkan selama situasi backlighting. Solusinya adalah menemukan tepi kontras yang kuat untuk fokus. Lihat foto beruang di atas. Jika indikator fokus otomatis Anda berada di atas kepala beruang, tidak akan ada cukup kontras untuk mengunci. Sebaliknya, pindahkan indikator ke area cahaya rim – seperti telinga, di mana ada kontras yang kuat antara terang dan gelap. Anda kemudian akan menemukan autofocus berfungsi dan kamera menyala tanpa masalah.
  • Lens flare / ghosting. Menunjuk lensa ke arah matahari biasanya akan menyebabkan sinar matahari dan ghosting. Mencoba mengarsir bagian depan lensa menggunakan tudung lensa (jika sudut matahari agak ke samping), tangan Anda, topi, atau semacam reflektor atau papan diffuser , Jika tidak ada solusi yang bekerja sebelum aktual matahari untuk bingkai foto. tunggu sampai matahari rendah di cakrawala dan secara alami disebarkan oleh atmosfer atau uap air dan debu. Matahari terbenam lebih baik daripada matahari terbit karena ada lebih banyak debu di udara pada akhir hari. Ini juga membantu untuk memiliki elemen lensa depan yang bersih, bebas debu dan kotoran.
  • Kekurangan paparan. Cahaya terang atau matahari yang mengalir melalui lensa Anda akan meyakinkan meter kamera Anda menjadi sangat kekurangan foto. Bergantung apakah matahari ada dalam bingkai gambar atau tidak, kecuali saya sengaja ingin memperkecil adegan (seperti memotret siluet), saya akan menambahkan +2 hingga +3 EV menggunakan komposisi eksposur untuk mencerahkannya. Konsultasikan histogram Anda untuk memastikan Anda memiliki detail bayangan di mana Anda inginkan dan tidak ada area yang terlalu terang.

Jika Anda dapat mengatasi hambatan cahaya latar yang umum ini, Anda akan menguasai cahaya latar dan meningkatkan satu atau dua tingkat fotografi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *